Fungsi Menu Bar pada Microsoft Word 2010
1. Fungsi Icon Tab Home pada Microsoft Word 2010
a) Clipboard
· Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
· Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
· Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
· Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
b) Font
· Font : untuk memilih jenis huruf
· Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
· Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
· Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
· Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
· Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
· Bold : untuk menebalkan teks terpilih
· Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
· Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
· Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
· Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
· Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
· Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
· Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
· Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
c) Paragraf
· Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
· Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
· Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
· Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
· Sort : untuk menyortir data
· Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
· Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
· Center : untuk mengatur teks rata tengah
· Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
· Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
· Line and Paraghraph Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
· Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
· Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
d) Style
· Heading Styles : berisi pilihan format penjudulan paragraf terpilih
· Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
e) Editing
· Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan input keyword tertentu dalam suatu file
· Recpale : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
· Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
2. Fungsi Icon Tab Insert pada Microsoft Word 2010
a) Pages
· Cover Page : untuk memberikan sampul pada halaman
· Blank Page : untuk menyisipkan halaman kosong dengan format dan desain standar
· Page Break : untuk memutuskan halaman dan berlanjut pada halaman berikutnya
b) Table
· Insert Table : untuk menyisipkan format tabel secara otomatis sesuai baris dan kolom yang diseleksi
· Insert Table.. : untuk menyisipkan tabel secara menual
· Draw Table : untuk mengatur style tabel secara menual
· Convert Text to Table : untuk mengkonversi teks menjadi tabel dan untuk menyisipkan objek tabel
· Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan lembar kerja dari microsoft excel ke lembar kerja microssoft word.
· Quick Tables :untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010
c) Illustrations
· Picture : untuk menyisipkan objek gambar dari direktori yang tersimpan dalam komputer
· Clip Art : untuk menyisipkan clipt art atau gambar yang telah disediakan atau yang ada pada direktori lain.
· Shapes : untuk menyisipkan objek shape atau berbagai jenis bentuk pada dokumen
· SmartArt : untuk menyisipkan objek struktur organisasi, flow chart dan sebagainya pada halaman
· Chart : untuk menyisipkan objek grafik pada halaman.
d) Links
· Hyperlink : untuk menghubungkan teks ke alamat website atau pada file yang ada di komputer
· Bookmark : untuk menghubungkan bagian naskah dengan bagian lain yang ada pada dokumen
· Cross-reference : untuk menghubungkan teks dengan objek (table, gambar, footer, halaman, dan lain-lain) yang menjadi bagian naskah dalam dokumen yang sama.
e) Header & Footer:
· Header : untuk menambahkan teks/objek pada bagian header/bagian atas yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen
· Footer : untuk menambahkan teks/objek pada gaian footer/bagian bawah yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen
· Page Number : untuk meberikan penomoran pada setiap halaman.
f) Text
· Text Box : untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen
· Quick Parts : untuk menyisipkan beberapa objek pada dokumen
· WordArt : untuk menyisipkan dekorasi tulisan pada dokumen
· Crop Cap : untuk menambahkan huruf dengan ukuran besar pada awal paragraph
· Signature Line : untuk menyisipkan tanda tangan pada dokumen
· Date & Time : untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang aktif
· Object : untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen
g) Symbols
· Equation : untuk menyisipkan format matematika pada dokumen
· Symbol : untuk menyisipkan beberapa simbol pada dokumen
3. Fungsi Icon Tab Page Layout pada Microsoft Word 2010
a) Themes
· Themes : untuk memilih tema yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
· Color : untuk mengatur warna tema halaman
· Fonts : untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen yang aktif
· Effects : untuk mengatur tema efek terhadap objek shape yang terdapat di halaman dokumen
b) Page Setup
· Text Direction : untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
· Margins : untuk mengatur batas teks pada dokumen
· Orientation : untuk mengatur posisi halaman
· Size : untuk mengatur ukuran halaman
· Colums : untuk mengatur jumlah kolom teks pada halaman dokumen
· Break : untuk mengatur kontunuitas halaman maupun kolom teks
· Line Numbers : untuk mengatur kontunuitas nomor baris teks
· Hyphenation : untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
c) Page Background
· Watermak : untuk memberikan efek air di belakan teks
· Page Color : untuk mengatur warna latar halaman
· Page Borders : untuk mengatur garis tepi halaman
d) Paragraph
· Indent : untuk mengatur batas teks
· Spacing : untuk mengatur jarak antara paragraph
e) Arrange
· Position : untuk mengatur posisi objek dalam suatu halaman
· Wrap Text : untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraph text
· Bring Forward: untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
· Send Backward: untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
· Selection Pane : menampilkan panel navigasi objek
· Align : untuk mengatur posisi objek lepas
· Group : untuk mengelompokkan beberaoa objek menjadi satu
· Rotate : untuk memutar dan membalik objek yang terpilih
4. Fungsi Icon Tab References pada Microsoft Word 2010
a) Table of Contents
· Table of Contents : untuk mengelolah daftar isi
· Add Text : untuk mengelolah paragraph terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
· Update Table : untuk memperbaharui daftar isi
b) Footnotes
· Insert Footnote : untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau footer
· Inset Endnote : untuk menyisipkan catatan di akhir bab
· Next Footnote : untuk memantau footnote dan endnote
· Show Notes : untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau endnote
c) Citations & Bibliography
· Insert Citation : untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
· Manage Sources : untuk mengelolah seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah di sisipkan disemua segmen file dokumen
· Style : untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
· Bibliography : untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif.
d) Captions
· Insert Caption : untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
· Insert Table of Figures : untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
· Update Table : untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
· Cross-reference : untuk menyisipkan referensi silang
e) Index
· Mark Entry : untuk menandai masukan baru dalam dokumen
· Insert Index : untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
· Update index : untuk memperbarui daftar index terkini
f) Table of Authorities
· Mark Citation : untuk menandai kutipan
· Insert Table of Authorities : untuk membuat daftar kutipan
· Update Table : untuk memperbaharui daftar kutipan
5. Fungsi Icon Tab Mailings pada Microsoft Word 2010
a) Create
· Envelopes : untuk membuat dan mencetak amplop
· Labels : untuk membuat dan mencetak label
b) Start Mail Merge
· Start Mail Merge : untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
· Select Recipients : untuk membuat daftar penerima surat
· Edit Recepient List : untuk mengubah daftar penerima surat
c) Write & Insert Fields
· Highlight Merge Fields : untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
· Address Block : untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
· Greeting Line : untuk menambah nama sapaan
· Insert Merge Field : untuk menambah informasi mengenai penerima suraT
· Rules : Untuk memberikan garis dalam surat
· Match Fields : Membandingkan surat
· Update Labels : Untuk memperbaharui label surat
d) Preview Results
· Preview Results : Untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat
· Find Recipient : Untuk mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat
· Auto Check for Errors : Untuk ngecek apa ada kesalahan dalam surat kita
e) Finish
· Finish & Merge : Untuk menyelesaikan dan menggabungkan
· Finish : Untuk menyelesaikan surat
6. Fungsi Icon Tab Review pada Microsoft Word 2010
a) Proofing
· Spelling & Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
· Thesaurus : Untuk mengecek ulang pembendaharaan
· Research : Untuk mengetahui data pengulangan
· Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
b) Language
· Translate : Untuk menterjemahkan atau mentranslit data
· Language : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
c) Comments
· New Comment : Memasukkan komentar baru
· Delete : Menghapus komentar
· Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
· Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
d) Tracking
· Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
· Final: Show Markup : Untuk menampilkan tanda finising atau selesai
· Show Markup : Untuk menampilkan tanda atau menandai tampilan
· Reviewing Pane : Untuk mengecek ulang tulisan
e) Changes
· Accept : Untuk mengulang atau mengecek sapa yang menerima
· Reject : Untuk mengulang atau melihat data apa yang telah di buang
· Previous : Untuk melihat ulang data yang lebih dahulu
· Next : Untuk melanjutkan ke hal yang berikutnya
f) Compare
· Compare : Untuk mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data
g) Protect
· Block Authors : Untuk pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku
· Restrict Editing : Untuk mengedit lah yang terbatas
7. Fungsi Icon Tab View pada Microsoft Word 2010
a) Document Views
· Print Layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
· Full Screen Reading : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
· Web Layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
· Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
· Draft : Untuk menulis surat perintah
b) Show
· Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
· Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
· Navigation Pane : Untuk mengetahui atau menjelajahi dunia tulisan
c) Zoom
· Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
· 100% : Untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
· One Page : Untuk membuka satu halaman
· Two Page : Untuk membuka dua halaman
· Page Width : Untuk mengetahui ukuran halaman
d) Windows
· New Window : Untuk membuka candela baru
· Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihatseluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
· Split : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
· View Side by Side : Untuk melihat data yang telah disembunyikan
· Synchronous Scrolling : Untuk mengatur jarak antar baris
· Reset Window Position : Menset ulang posisi jendela berdampingan
· Switch Windows :Untuk membuat beberapa jendela
e) Macros
· Macros : Untuk membuat tulisan jadi tiga kolom pada satu halaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar