Jumat, 01 Maret 2013

Fungsi Menu Bar pada Microsoft Word 2010


Fungsi Menu Bar pada Microsoft Word 2010


1.    Fungsi Icon Tab Home pada Microsoft Word 2010

a)    Clipboard
·      Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
·      Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
·      Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
·      Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.


b)   Font
·      Font : untuk memilih jenis huruf
·      Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
·      Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
·      Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
·      Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
·      Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
·      Bold : untuk menebalkan teks terpilih
·      Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
·      Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
·      Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
·      Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
·      Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
·      Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
·      Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
·      Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.


 c)    Paragraf
·      Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
·      Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
·      Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
·      Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
·      Sort : untuk menyortir data
·      Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
·      Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
·      Center : untuk mengatur teks rata tengah
·      Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
·      Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
·      Line and Paraghraph Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
·      Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
·      Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.


d)   Style
·      Heading Styles : berisi pilihan format penjudulan paragraf terpilih
·      Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf  


e)    Editing
·      Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan input keyword tertentu dalam suatu file
·    Recpale : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
·      Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file 



2.    Fungsi Icon Tab Insert  pada Microsoft Word 2010 

a)    Pages
·      Cover Page : untuk memberikan sampul pada halaman
·      Blank Page : untuk menyisipkan halaman kosong dengan format dan desain standar 
·      Page Break : untuk memutuskan halaman dan berlanjut pada halaman berikutnya  


b)   Table
·   Insert Table : untuk menyisipkan format tabel secara otomatis sesuai baris dan kolom yang diseleksi
·      Insert Table..  :  untuk menyisipkan tabel secara menual
·      Draw Table : untuk mengatur style tabel secara menual
·     Convert Text to Table : untuk mengkonversi teks menjadi tabel dan untuk menyisipkan objek tabel
·  Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan lembar kerja dari microsoft excel ke lembar kerja microssoft word.
·      Quick Tables :untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010


c)    Illustrations
·      Picture : untuk menyisipkan objek gambar dari direktori yang tersimpan dalam komputer 
·   Clip Art : untuk menyisipkan clipt art atau gambar yang telah disediakan atau yang ada pada direktori lain. 
·      Shapes : untuk menyisipkan objek shape atau berbagai jenis bentuk pada dokumen 
·     SmartArt : untuk menyisipkan objek struktur organisasi, flow chart dan sebagainya pada halaman 
·      Chart : untuk menyisipkan objek grafik pada halaman.


d)   Links
·      Hyperlink : untuk menghubungkan teks ke alamat website atau pada file yang ada di komputer 
·      Bookmark : untuk menghubungkan bagian naskah dengan bagian lain yang ada pada dokumen 
·     Cross-reference : untuk menghubungkan teks dengan objek (table, gambar, footer, halaman, dan lain-lain) yang menjadi bagian naskah dalam dokumen yang sama.   


e)    Header & Footer:
·     Header : untuk menambahkan teks/objek pada bagian header/bagian atas yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen 
·     Footer : untuk menambahkan teks/objek pada gaian footer/bagian bawah yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen 
·      Page Number : untuk meberikan penomoran pada setiap halaman.


f)    Text
·      Text Box : untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen 
·      Quick Parts : untuk menyisipkan beberapa objek pada dokumen 
·      WordArt : untuk menyisipkan dekorasi tulisan pada dokumen 
·      Crop Cap : untuk menambahkan huruf dengan ukuran besar pada awal paragraph 
·      Signature Line : untuk menyisipkan tanda tangan pada dokumen 
·      Date & Time : untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang aktif 
·      Object : untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen


g)   Symbols
·      Equation : untuk menyisipkan format matematika pada dokumen 
·      Symbol : untuk menyisipkan beberapa simbol pada dokumen



3.    Fungsi Icon Tab Page Layout pada Microsoft Word 2010

a)    Themes
·      Themes : untuk memilih tema yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
·      Color : untuk mengatur warna tema halaman
·      Fonts : untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen yang aktif
·      Effects : untuk mengatur tema efek terhadap objek shape yang terdapat di halaman dokumen


b)   Page Setup
·      Text Direction : untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
·      Margins : untuk mengatur batas teks pada dokumen
·      Orientation : untuk mengatur posisi halaman
·      Size : untuk mengatur ukuran halaman
·      Colums : untuk mengatur jumlah kolom teks pada halaman dokumen
·      Break : untuk mengatur kontunuitas halaman maupun kolom teks
·      Line Numbers : untuk mengatur kontunuitas nomor baris teks
·      Hyphenation : untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis


c)    Page Background
·      Watermak : untuk memberikan efek air di belakan teks
·      Page Color : untuk mengatur warna latar halaman
·      Page Borders : untuk mengatur garis tepi halaman


d)   Paragraph
·      Indent : untuk mengatur batas teks
·      Spacing : untuk mengatur jarak antara paragraph


e)    Arrange
·      Position : untuk mengatur posisi objek dalam suatu halaman
·      Wrap Text : untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraph text
·      Bring Forward: untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
·      Send Backward: untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
·      Selection Pane : menampilkan panel navigasi objek
·      Align : untuk mengatur posisi objek lepas
·      Group : untuk mengelompokkan beberaoa objek menjadi satu
·      Rotate : untuk memutar dan membalik objek yang terpilih



4.    Fungsi Icon Tab References pada Microsoft Word 2010

a)    Table of Contents
·      Table of Contents : untuk mengelolah daftar isi
·    Add Text : untuk mengelolah paragraph terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
·      Update Table : untuk memperbaharui daftar isi


b)   Footnotes
·      Insert Footnote : untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau footer
·      Inset Endnote : untuk menyisipkan catatan di akhir bab
·      Next Footnote : untuk memantau footnote dan endnote
·      Show Notes : untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau endnote


c)    Citations & Bibliography
·      Insert Citation : untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
·   Manage Sources : untuk mengelolah seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah di sisipkan disemua segmen file dokumen
·      Style : untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
·      Bibliography : untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif.


d)   Captions
·  Insert Caption : untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
·      Insert Table of Figures : untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
·      Update Table : untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
·      Cross-reference : untuk menyisipkan referensi silang


e)    Index
·      Mark Entry : untuk menandai masukan baru dalam dokumen
·      Insert Index : untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
·      Update index : untuk memperbarui daftar index terkini


f)    Table of Authorities
·      Mark Citation : untuk menandai kutipan
·      Insert Table of Authorities : untuk membuat daftar kutipan
·      Update Table : untuk memperbaharui daftar kutipan



5.    Fungsi Icon Tab Mailings pada Microsoft Word 2010

a)    Create
·      Envelopes : untuk membuat dan mencetak amplop
·      Labels : untuk membuat dan mencetak label


b)   Start Mail Merge
·      Start Mail Merge : untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang  
·      Select Recipients : untuk membuat daftar penerima surat       
·      Edit Recepient List : untuk mengubah daftar penerima surat


c)    Write & Insert Fields
·      Highlight Merge Fields : untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
·      Address Block : untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
·      Greeting Line : untuk menambah nama sapaan
·      Insert Merge Field : untuk menambah informasi mengenai penerima suraT
·      Rules : Untuk memberikan garis dalam surat
·      Match Fields : Membandingkan surat
·      Update Labels : Untuk memperbaharui label surat


d)   Preview Results
·      Preview Results : Untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat
·      Find Recipient : Untuk mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat
·      Auto Check for Errors : Untuk ngecek apa ada kesalahan dalam surat kita


e)    Finish
·      Finish & Merge : Untuk menyelesaikan dan menggabungkan
·      Finish : Untuk menyelesaikan surat



6.    Fungsi Icon Tab Review pada Microsoft Word 2010

a)    Proofing
·    Spelling & Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
·      Thesaurus : Untuk mengecek ulang pembendaharaan
·      Research : Untuk mengetahui data pengulangan
·   Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif


b)   Language
·      Translate : Untuk menterjemahkan atau mentranslit data
·      Language : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa


c)    Comments
·      New Comment : Memasukkan komentar baru
·      Delete : Menghapus komentar
·      Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
·      Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya


d)   Tracking
·      Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
·      Final: Show Markup : Untuk menampilkan tanda finising atau selesai
·      Show Markup : Untuk menampilkan tanda atau menandai tampilan
·      Reviewing Pane : Untuk mengecek ulang tulisan


e)    Changes
·      Accept : Untuk mengulang atau mengecek sapa yang menerima
·      Reject : Untuk mengulang atau melihat data apa yang telah di buang
·      Previous : Untuk melihat ulang data yang lebih dahulu
·      Next : Untuk melanjutkan ke hal yang berikutnya


f)    Compare
·      Compare : Untuk mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data


g)   Protect
·      Block Authors : Untuk pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku
·      Restrict Editing : Untuk mengedit lah yang terbatas



7.    Fungsi Icon Tab View pada Microsoft Word 2010

a)    Document Views
·      Print Layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
·      Full Screen Reading : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
·      Web Layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
·      Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
·      Draft : Untuk menulis surat perintah


b)   Show
·      Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
·      Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
·      Navigation Pane : Untuk mengetahui atau menjelajahi dunia tulisan


c)    Zoom
·      Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
·      100% : Untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
·      One Page : Untuk membuka satu halaman
·      Two Page : Untuk membuka dua halaman
·      Page Width : Untuk mengetahui ukuran halaman


d)   Windows
·      New Window : Untuk membuka candela baru
·     Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihatseluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
·     Split : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
·      View Side by Side : Untuk melihat data yang telah disembunyikan
·      Synchronous Scrolling : Untuk mengatur jarak antar baris
·      Reset Window Position : Menset ulang posisi jendela berdampingan
·      Switch Windows :Untuk membuat beberapa jendela


e)    Macros
·      Macros : Untuk membuat tulisan jadi tiga kolom pada satu halaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar